Minggu, 25 Desember 2011

Syaih Baribin Grenggeng

KR Mutamim sedang nerdoa


Syaih Baribin bagi mayarakat Gombong, Karanganyar, Sempor dan sekitarnya tentu tidak asing bagi. Menurut kisah masyarakat setempat, beliau ini yang awal mengembangkan agama Islam di sekitar ini pada sekitar 250 tahun yang lalu (maaf kalau salah) masyarakat kenal dan akrab dengan beliau ini .Mereka bilang sikap dan laku beliau adalah a-Wajhun Malihun, b-Yadun Sahiyyun ,c-Lisanun Fasihum d-Qolbun Taqiyyun.

Syaih Baribin Grenggeng setiap tahun masyarakat selalu menghaulinya. Bahkan pada tahun 2010 acara haul itu di meriahkan dengan parade Jamjaneng Pastrajakkeb Kecamatan Karanganyar. Kegiatan selanjutnya Pastrajakkeb Kecamatan Karanganyar setiap selapan hari mengadakan 'lapanan'. Lapanan itu atas kesapakatan para grup jamjaneng se-Kecamatan Karanganyar dilaksanakan setiap hari Sabtu Legi. Pada hari Sabtu Legi tanggal 24 Desember 2011 merupakan putaran yang ke 4 kalinya, yang dilaksanakn di desa Poh Kumbang.
KR Mutmim sedang berikan pengarahan
KR Mutamim segera memasukan bibit sawo kecik

Acara semacam ini selalu di hadiri oleh Ketua Umum Bapak K.R.Mutamim Muis Al Kaff. Dalam sambutannya bapak Mutamim mengajak untuk para seniman menciptakan lagu lagu jamjaneng baru baik yang bertemakan agama maupun lingkungan. Apalagi Poh Kumbang ini dekat makam Syaih Baribin, jadikanlah tempat ini wisata religius ,dan para seniman hendaknya bisa menciptakan lagu yang bertemakan agama ini, dan mengkaitkan maqom serta Syaih Baribin ini

Acara lapanan dimanfaatkan untuk menanam pohon buah langka yaitu SAWO KECIK yang ketiga kalinya setelah Karangsari Kutowinangun pada tanggal 18 Desember 2011 dan Wonoesik pada Senin Manis 19 Desember 2011, sambil meresmikan grup jamjaneng putri yang diberi nama GEMASARI pimpinan bapak KASNO.

Penanaman sawo kecik ini di lakukan oleh Ketua umum Pastrajakkeb Kebumen KR Mutamim Muis al Kaff dan beberapa orang lain tokoh jamjaning Poh Kumbang..Lapanan kali ini di hadiri perwakilan kurang lebih 29 grup. Demikian menurut laporan yang di sampaikan oleh ketua pastrajakkeb Karanganyar Bapak PRAWITO. MA. Grup Jamjaneng Poh Kumbang adalah NUR QOLBI LARAS .

1 komentar:

  1. dimohom agar setiap khol syaih Baribin jamjaneng
    kecamatan Kranganyar ikut memeriahkannya
    azril177@yahoo.co.id

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda atas tulisan ini: